Sunday 5 June 2011

Jangan membuat perjalanan di pagi hari

Ketika saya traveling, hari terakhir di suatu negara atau kota biasanya saya baru mendapatkan suprise" yang membuat saya ga tidur malam itu.  Dan sialnya lagi pasti saya dapat tiket pesawat, bus atau kereta pas jam pagi hari (karena dapat tiket murah). Kebayang kan semalam suntuk abis party dan baru naik ketempat tidur jam 4 pagi dan harus bangun jam 7 untuk packing, mandi dan check out dengan mata yang masih merah dan kepala masih muter ga karuan.....
Beberapa kejadian yang membuat saya berpikir mending saya melakukan perjalanan malam hari daripada pagi hari. Alasan pertama adalah kita bisa tidur pas perjalanan dan besok paginya bisa langsung go show untuk eksplore tempat" yang akan kita kunjungi.

Beberapa pengalaman saya yang saat itu harus check out dari hostel pagi hari dan ngejar pesawat dengan waktu yang mepet bener" ga enak. Seperti pas saya di Bangkok, sebelum memutuskan untuk meninggalkan Bangkok menuju Phuket, saya bertemu dengan beberapa traveler yang udah beberapa hari menghabiskan waktu barang saya untuk jalan" di Bangkok dan Pattaya. Entah kebetulan atau tidak, malam itu adalah hari kita terakhir di kota Bangkok dan kita pun seperti membuat acara perpisahan dengan nongkrong di Khaosan road sambil menikmati minuman asli Thailand sambil share pengalaman masing". 3 Bucket pertama telah kami pesan, entah dalam hitungan menit bucket" itu telah kosong lagi (mungkin haus kali ya, karena kita kebanyakan ngomong) kami pun memesan lagi dengan menu yang berbeda, jam pun telah berlalu dan entah berapa banyak minuman yang telah kami pesan. Cuma satu yang saya inget, saya udah ketoilet mungkin puluhan kali...hahahaha ya, kelemahan saya klo minum adalah perlu toilet di samping saya.
Ketika jam telah menunjukan pukul 4 pagi dan uang kita benar" udah bis...bis...bis...saat itu kita bener" pingin menyudahkan acara perpisahan kita, ehhh tapi teman saya yang dari Aussie masih mempunyai 1 lembar $100 yahhh mau ga mau kita melanjutkan jamuan terakhir sebelum berpisah. Akhirnya ketika langit mulai bersinar kita pun beneran memutuskan untuk pulang ke hostel masing" dan tidur. Sebelumnya kita sempat berpelukan erat satu sama lain dan entah kapan kita bisa bertemu lagi....
Behh Pala ini beratnya minta ampun.....sampai pas merebahkan badan di kasur hostel aja masih serasa main halilintar ini kepala, Karena saya harus check out jam 10 maksimal, saya masih bisa tidur. Jadi saya  pun memasang alarm jam 9. Sialnya saya kebablasan dan harus bayar 1 malam lagi di hostel ini dan parahnya tiket bus saya HANGUS....

Ada lagi pas saya di Kuala Lumpur, malam terakhir lagi" saya dan travelmate dari Irish memutuskan untuk perpisahan di Pub. dan saat itu kami brangkat menuju Pub sekitar jam 11 malam. Pertama kali masuk Pub ini wuihh........serasa kembali ke umur 17 tahun...banyak HOT CHICK bertebaran....saya dan teman saya itu sempat kaget, Beneran ini PUB kok isinya ABG bule yang baru umur 15 tahunan??? (padahal ada peraturan minimal boleh mengkomsumsi alcohol tu umur 18) Dasar muka kucing garong teman saya (klo saya si ngikut aja....hahahaha..) dia semangat sekali saat itu. sampai kami pun dapat kenalan dan selanjutnya rahasia....hahahaha......sampai saya teringet bahwa besok pagi pesawat saya jam 9 pagi menuju Bali.....langsung saya memutuskan untuk cabut dari Pub tersebut dan klo ga salah itu sudah pukul 4 pagi. Hanya tidur 2 jam akhirnya saya bangun setelah memasang alarm di 2 hp saya (ga mau kecolongan lagi kaya pas di Bangkok), selama perjalanan kepala rasanya ga karuan badan panas dingin.....blas ga enak banget saat itu. Dan saat itu bener" sadar, klo malam terakhir pasti bener" amazing.

Dasar turis kere, karena nyari tiket murah saya pun pas di Sydney memesang tiket bus pagi hari jam 8 menuju Melbourne. Saat itu saya pikir okelah gapapa.....ehhh kejadian lagi, pas hari itu saya ketemu lagi ma travelmate dari France dan dia bawa temannya dari France yang mau pulang besoknya. Saya di ajakin untuk FREE DINNER dan minum beberapa gelas untuk perpisahan dia. Karena ada embel" FREE nya pasti dong saya ikut....tapi saya sudah bilang bahwa saya ga minum banyak" dan pulang larut karena besok paginya harus ngejar bus menuju Melbourne.
Bener saat itu saat paling enak, ternyata teman saya bawa banyak bener kupon Free Drink Beer dari tempat yang kita singgahi. Alhasil kita minum sampai bener" teler abis. Karena alasan kelaperan kita sempat nyolong makanan di hostel tetangga kita dan di situ ternyata ada VODKA, tipical bule kali ya klo udah mabuk bener" pingin minum trus....kita pun di suruh one shot vodka tersebut. Karena saya bener" udah ga kuat, ketika tiba giliran saya, lirik kanan kiri dulu lalu saya buang deh tu vodka jatah saya....hahahaha. Saat itu teman perempuan saya bener" sudah tepar dan minta di anterkan pulang ke hostel karena besok dia harus mengejar pesawat yang membawa balik dia ke France. aihhhh ini kesempatan saya kabur dan balik ke hostel pikir saya. Ketika saya sudah selesai nganterin, eh teman yang lainnya telpon dan menanyakan keberadaan saya.....saya bilang udah di hostel dan tidur, dasar apes  eh pas baru mau masuk hostel dia udah cegat saya dan ngajak ke pub lainnya....ketika itu saya menolak dan mereka tetep memaksa, ya janji hanya 1 jam saja ya kata saya saat itu. Bener" udah kaya jagoan saat jalan, kita bertiga jalan sambil nyanyi" dan jalan ga pernah lurus....belok kanan belok kiri (klo inget kejadian itu bener" lucu). Sampai pas masuk Pub, saya memilih untuk duduk dan mereka memesan minuman. ehhhh.... tiba" datang 2 cewek cantik dan entah karena apa (saya lupa topik pembicaraannya) saya dapat welcome kiss dari mereka dan lagi" kelanjutannya rahasia......yah klo udah begini lupa waktu lagi deh....kira" jam 4 pub itu tutup dan kita pun pulang. Ketika bangun nyawa serasa masih 10% yang terkumpul dan harus packing" n ngejar bus. Selama perjalanan Sydney Melbourne saya hanya menahan pusing dan menahan mau muntah.....

Yah, semenjak itu saya memutuskan berapa pun harga tiket pesawat, bus atau kereta saya akan membelinya sore hari. Minimal, biar ada waktu istirahat yang cukup. Oh ya....ga selamanya saya cuma senang" dalam perjalanan saya kok....itu hanya dark side dari sisi saya......hahahaha.....wajar lah namanya juga masih muda, Selama itu ga merugikan orang lain dan menggangu mereka sah" aja saya lakukan.

"We only live once, but once is enough if we do it right"