Thursday 11 August 2011

Ketika Rasa adalah Segalanya


Lingkungan adalah factor penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter suatu manusia termasuk dalam hal lidah (cita rasa). Yap lidah, setiap orang dari negara (bahkan pulau di Indonesia) manapun pasti mempunyai cita rasa yang berbeda-beda.

Ketika saya pergi keluar kota bahkan keluar negeri, hal yang paling menakutkan adalah masalah makanan. “cocok ga ya ma lidah gw?”  itulah hal pertama yang terpikir di otak ini. Kaya pas saya pergi ke lombok dan daerah timur sana, wuedann makanan di sana ga ada yang menenangkan lidah sama sekali, yang terasa dilidah cuma pedas-panas-pedes-panas lagi dan itu berulang-ulang terjadi hingga makanan habis. Secara lidah saya didikan lidah jawa yang lebih bersahabat dengan rasa manis, jadi waktu kesana saya tidak bisa menikmati makanan khas daerah sana. Belum lagi klo abis makan masakan pedas, perut langsung mengalami “gejolak” yg bertahan minimal 1 hari. Kebayang kan klo lagi jalan” tiba” langsung mules ga karuan perut. Klo pas dekat toilet si enak, nah klo pas di tengah macet...yang ada keringetan dan posisi duduk yang berubah” menahan boker. Beruntung klo masih bisa nahan, klo ga?? Ya siap lah membuat malu diri sendiri.

Berbekal pengetahuan di Indonesia bahwa Chinese Food itu kaya Capcay, Fuyung Hai, dll, Sehingga pas saya ke China saya pastinya bermimpi “di Indonesia aja capcay enak apalagi dinegara asalnya”, huaaaa….mimpi hanya sekedar mimpi, ketika pertama kali menginjakan kaki didaratan China dan saya mencari makan, aduhhh apa ini menunya?? Semua dalam bahasa Kanji yang bener” saya ga ngerti dan parahnya ga ada potonya. Karena saya tidak mau asal tebak (takut kepilih anjing or babi) saya pun memilih makan ikan, untungnya didepan restorannya ada ikan, jadi saya tinggal nunjuk aja mau ini. 5 menit makanan keluar, dan tembak, wuihh dari penampilannya aja udah buat kenyang. Ternyata ikan itu dibuat seperti soup tapi parahnya kuah ikan tersebut wuihhh pull minyak. Yaks…tiba” langsung kenyang saat itu juga.

Saya pun bertanya kepada teman saya orang Indonesia yang sudah lama tinggal disana, om ajak aku makan capcay atau kaya Chinese food yang ada di Indonesia dong, dengan entengnya dia menjawab, Capcay itu made in Indonesia, jadi disini tu ga ada. Whattt?? Ya klo masakan China asli ya kaya yg kamu makan, hiks..hikss…sedihnya, belum lagi di setiap restoran pinggir jalan Anjing or Babi yang udah dikulitin di pajang gitu aja dietalasenya (masih lengkap dengan terpedonya lagi) bener” bikin nafsu makan saya turun drastis sebulan disana. Oh ya, ini juga bisa buat cara diet yang mujarab lo…silakan coba bagi yang masih mencari cara diet paling ampuh

Beda lagi ketika saya hidup di Australia, di negara ini bagi lidah saya ga terlalu bermasalah. Tapi cuma masalah kuantitas, ya bayangin aja dari kecil pas sarapan kita pasti makan nasi atau minimal Indomie deh. Eh di sana cuma makan roti doang, mana ampuh roti tawar 2 buat menjinakan cacing diperut saya selama 4 jam kedepan, alhasil saya pasti bawa buah”an or camilan buat menganjel. Tapi setelah jalan setahun tinggal disana, saya sudah sangat terbiasa makan roti dan hebatnya saya tidak merasa laper yang mengila kaya pertama kali dahulu. Tapi yang paling susah di sana adalah ketika merasa laper tengah malam, wuihhh yang ada cuma Mcdonald dan sejenisnya yg buka 24 jam, yahhh lagi” saya tidak terlalu suka makanan fast food, klo udah begini mending toasted roti dan berusaha tidur aja.

Bagaimana pun, Indonesia bagi lidah saya benar” is the best lah, semua makanan disini beraneka ragam dan bener” mempunyai cita rasa yang amat sangat tinggi.

Dengan bepergian saya makin mulai mencintai negara saya dari segala sudut pandang.

almasdeo
Jakarta (Indonesia) 11.08.2011


 

No comments:

Post a Comment