Saturday 14 May 2011

Beberapa Tips dan Trick saat traveling

Sepertinya topic ini udah banyak yang bahas, tapi saya mencoba kasih tips dan trik dari hasil pengalaman pribadi saya selama saya traveling (kebanyakan si cara dapat sesuatu yang enak tapi gratisss), mungkin sedikit agak diluar logika si, tapi boleh di coba dan dipake siapa tahu berguna….ini saya kasih beberapa yang masih saya inget (klo ada lagi ntar langsung saya perbaharui) :

1.       Cara tinggal dihostel dengan fasilitas yang Bagus tapi ga bayar
Gampangnya si kerja aja dihostel tersebut dan pasti dikasih tinggal gratis disitu. Klo itu mah mungkin semua orang tahu ya…tapi saya punya cara gila, Setiap kota pasti punya  pusat untuk para traveler sebut aja Jakarta - jalan Jaksa, Bangkok - Khaosan Road, Perth – Northbrige, Sydney – Central, dll. Nah pasti kawasan tersebut banyak mempunyai hostel berjamur dari kelas yg bener” buat backpacker gembel sampai backpacker kelas parlente. Ketika saya di Sydney saya diajarin bagaimana menggunakan fasilitas Hostel “bintang” tetapi kita tidak perlu bayar untuk menginap dihostel tersebut (apalagi buat jangka panjang). Setidak”nya kita bekorban nginep di Hostel “bintang” untuk 1 hari saja, bis tu lakukan kegiatan di resepsionis “MONDAR-MANDIR”  ya tujuannya adalah untuk membuat para resepsionis ga merasa asing dengan kita (jadi kenal lah ma muka kita), Selain itu kita jadi tahu tempat” fasilitasnya (ga keliatan kaya orang baru ntarnya). Setelah itu besoknya check out dan cari hostel yg kelas cetek untuk tidur saja (klo bisa deket ma hostel “bintang”), karena kemarinnya kita telah mondar-mandir (berharap di kenal ) klo mau make dapur, kamar mandi atau ngambil free service, ya tinggal masuk aja serasa hostel kita. Lagipula saya yakin petugasnya ga bakal inget kita udah check out apa ga? Karena yg keluar masuk pasti kan orang banyak. 

2.       Minum Beer  or makan Gratis
Klo makan gratis si masih ada hubungannya dengan no 1, karena biasanya di hostel bintang itu  dikasih free breakfast (pasta or rice)untuk tamunya. Jadi untuk “Tamu” kaya saya kemarin ya ambil juga ajaa (pasta or rice) dengan Pedenya…..lumayan ngirit uang buat Breakfast.
Klo minum beer lebih gampang lagi, terkadang setiap hostel  punya welcome drink voucher. Setiap orang yg check in dikasih satu, klo mau lebih, deketin tu resepsionis  buat minta lagi (saya pernah dikasih segepok, saking kebanyakannya sampe bingung voucher ini buat pub yg mana ya??)  atau biasanya ada ladies night dan setiap cewek dapat minum gratisssssssssss semalaman,  ga keabisan akal emang para backpacker kere (sepertis  saya juga) saat itu. Kita berdandan kaya cewek aja, pinjem baju cewek dan pasang bra di sumpel” kain….jadi deh kita dapat minum gratisss semalaman (waitersnya pasti kasih minum sambil ketawa” ko). Dan yang pasti kita menjadi pusat "perhatian" malam itu. :)

3.       Pergi kesuatu tempat tanpa bayar uang transportasi
Mungkin semua orang hampir udah pada tahu “HITCHHIKING” (numpang mobil pribadi).  Saya beberapa kali menggunakan cara ini karena klo naik bis or kereta rasanya sayang ini duit (bisa buat makan)….cukup bermodalkan jempol, kertas, pulpen dan yang penting "SENYUM"….tinggal tulis dikertas tujuan kita bis tu tunggu mobil lewat (klo saya biasanya di highway)  sambil nyetop pake jempol dan tidak lupa senyum manisnya….ya namanya juga gratisan, kita harus sabar untuk dapat tumpangan.  Kemarin, pas paling cepet 3 menit langsung dapat, ehhh pas paling lama 1 jam baru ada yang angkut saya. (bawa buku bacaan buat jaga" klo nunggunya lama, jadi ada bahan bacaan)

4.       Serba Gratisan
Ketika kita bepergian dengan low budjet, mungkin rasanya  $1 itu berhargaaaaaa banget....kaya kita butuh koneksi internet, tapi klo rental  pasti mahal. Klo punya Laptop atau HP yg ada Wi-Finya si enak, tinggal cari yg free WI-Fi, lah klo ga punya….santai masih ada cara lainnya….mainlah ke perpustakaan (kebanyakan si dinegara maju) disitu pasti ada free computer + akses internetnya buat public (walaupun biasanya setiap 15 menit sekali disconnect) tinggal kita pergunakan aja kesempatan itu buat nyari” info atau booking online tiket, dll.
Ada juga biasanya angkutan para turis (jadi dia muter” di kawasan wisata) nah gunakan itu sebaik mungkin untuk pergi, jadi bisa menghemat ongkosss dan ga capek jalan kaki

5.       Sewa mobil
Ketika saya pindah kota tapi pingin mampir” ditempat yang menarik mana mungkin naik bis….salah satu jalan adalah sewa mobil…..jangan pikir sewa mobil beneran, Di Australia, Canada, New Zealand, dan USA (ini negara" yang saya tahu). Ada namanya “RELOCATION CARS”.  Relocation car tu kaya begini, misalnya seseorang sewa mobil dari kota A (base mobil itu di kota A) menuju kota B hanya one way. Nah si owner itu posting di website bahwa dia butuh orang untuk membawa mobilnya kembali ke kota A. nah, kita hanya bayar $2 perday untuk sewa mobil tersebut (diminta kartu kredit juga buat jaminan), biasanya si dikasih tenggang waktu dan kilometer limit. Tapi dari yg sudah” si saya pakai pasti cukup waktu dan kilometer limitnya (padahal buat jalan” dan mampir” dulu). Klo mau tahu lebih jelasnya buka websitenya. www.relocationcarrental.com.au (ini Australia) atau search engine di google dengan kata kunci relocation cars, pasti banyakkkkk

6.       Tempat tinggal gratis
Selain Couchsurfing (baca lebih lengkapnya di post saya sebelumnya tentang Pengalaman couchsurfing) ada beberapa cara lainnya,yaitu tidur ngemper di tempat yang enak tentunya…saya melakukannya kemarin pas di Sydney. Di hostel” ada tmpt penitipan backpack, nah titip aja tu backpack berapa hari di situ, cukup bawa daypack yg isinya keperluan mendasar plus SB (Sleeping Bag).  Ketika siang, kita bisa main seharian di tempat” yang bagus, nah pas malamnya main aja ke taman dan cari tempat yg tenang buat tidur. Bis tu tinggal masuk deh ke sb dan pasang alarm sebelum matahari terbit (santaiiii banyak ko backpacker yg kaya gini). Besok paginya tinggal cuci muka dan sikat gigi di public toilet, klo mau lebih aman lagi tidur deh didalam gereja.
Klo mau lebih elit dikit ada, jadi kita kerja di farming orang dan dapat free akomodasi dan free food. Di kalangan traveler (aussie khususnya) terkenal cara kaya gitu. klo mau lebih jelasnya buka. www.wwoof.com.au

7.       Punya saklar on-off Hati
Nah ini bagian yang amat sangat penting ketika kita traveling. Selama kita traveling pasti kita ketemu orang yang mungkin beberapa hari akan jalan bareng kita (khususnya yg beda jenis kelamin). Ga mungkin dong masa jalan beberapa hari ga pernah ngobrol…..ketika saya di Thailand, wuiiihhhh 4 hari 3 malam saya jalan bareng ma cewek Spanyol (cantik, perhatian pokoknya perfect bangettttttt) ya betul kata pepatah, cinta tumbuh karena sering ketemu (ini mah bukan sering lagi, sampe mau memejamkan mata aja masih ketemu, jangan berpikir negative dulu. kan satu hostel) boong ketika itu saya ga ada rasa ma dia, apalagi dia care banget ma saya, tapi saya sudah terlanjur “Turn off hati” saya saat itu. Jadi saya pikir cuma saat ini aja, gausah di masukin ke hati ntar bahaya kelak. Istilah klo lagu itu “CINTA SATU MALAM”. (selanjutnya ga saya ceritakan, rahasiaaaa..hahaha)
Ya memang banyak yang jatuh cinta pas traveling, tapi dinalar aja. ketika kita kembali ke negara asal kita masing" dan sibuk dengan urusan, lingkungan dan kesibukan kita masing" pasti dengan sendirinya akan lupa kenangan manis pas traveling. Nah klo kita yang ga matiin hati kita pas pulang yang ada kaya orang gila mikirin travelmate kita, padahal dia belum tentu mikirin kita...hahahaha
Ya mungkin efek buruknya bagi saya si sekarang saya lupa tombol buat nyalain hati lagi, jadi ya begini hidup saya....hahaha curcolll dikit.

Gimana, cukup membantu??Yaaa setidaknya jadi tahu cara" gila ini. kali saja pas traveling kehabisan duit jadi ga bener" jadi "gembel"...

nb : kebanyakan saya belajar dan melakukannya di Sydney, karena ni kota gila mahal abiss.....


almasdeo
Maddington (Perth - WA), 13.05.2011




3 comments:

  1. jadi semakin tergugah buat bepergian dengan low budget. ajarkan saya, Guru! :)

    ReplyDelete
  2. mana cerita lanjutan saklar on off "hati"
    cuma itu aja?? hahahahhaha

    beneran lo nyamar jadi ce??? aduhhh adik satu ini

    ReplyDelete
  3. aihhh saya kedatangan tamu, makasihhh sudah sempat membacanya....
    @ gone : ah kamu bisa aja (sambil pukul") hahaha.....ayu kita jalan bareng.....

    @ vitiek cupu : hahaha....blum brani publish cup.....iya lah demi minum beer semalam suntuk :)

    ReplyDelete