Friday 27 May 2011

pengalaman dengan imigrasi

yaa,,,,ketika kita keluar atau masuk ke suatu negara, mau ga mau, senang ga senang kita harus melewati yang namanya IMIGRASI. Saat yang paling malas adalah berhadapan dengan para petugas imigrasi yang terkadang memasang muka "SANGAR" untuk menyakinkan bahwa mereka adalah orang terakhir yang kita lewati.

Aneh tapi agak sedikit (banyak deng) nyata saya orang Indonesia asli, tapi paling malas melewati imigrasi Indonesia. Pasti ada aja pertanyaan" yang kaya menilai saya ga mampu pergi keluar negeri. Kaya pernah saya di tanya ketika saya mau ke Malaysia, mau ngapain disana?? Punya uang berapa emangnya mas?? dan yang terakhir yang agak dalam dia ngomong, mau jadi TKI ilegal yaa.....hahahaha....dalam hati saya jawab makasihhhhh pak...... ibu bapak saya masih bisa kasih makan 3 kali sehari walau pake tahu tempe doang.

Klo saat pergi ke suatu negara dan kita megang paspor negara yang agak dinilai negara teroris rasanya pingin ganti paspor deh....pasti ntar di imigrasi abis di tanya"in. Yang inilah, itulah, sampai terkadang saya ga bisa ngomong lagi karena keabisan kata".

Pengalaman yang terbaru kali ini adalah saat saya masuk untuk kebeberapa kalinya ke Australia. Nyampe di Australia saat itu udah dini hari dan harus masih ngantri buat di cap pasportnya sama imigrasi setempat. Ketika bagian saya, saya dapat ibu" yang terlihat agak santai (emang baik si) pas dia melihat muka asli dan Foto saya di pasport (saya buat pasport tahun 2009) di bilang muka saya berbeda jauh, ga mirip lagi ma paspor....saya pikir dia agak becanda, ehhh ternyata dia kasih saya lewat dari imigrasi tapi pasport saya di kasih ke petugas lainnya untuk menyakinkan muka saya bahwa sama muka saya dan photo saya di pasport.
setelah beberapa saat 1 petugas lainnya agak ragu kembali dengan muka saya....(kampret....mungkin waktu buat pasport saya masih kurus) dalam hati udah dag dig dug aja, sambil harap" cemas apa yang akan terjadi. Yipieeee akhirnya dia membebaskan saya, tapi ga sampai disitu saya "dikerjai" ma mereka. padahal kartu imigrasi tentang barang" bawaan yang saya bawa udah saya declare bahwa saya ga bawa macam" (sesuai dengan ketentuan"). Entah kenapa petugas custom nyuruh saya masuk ke bagian check....tambah dag...dig..dug....ketika petugas custom yg mau ngecek saya melihat kartu imigrasi saya dia kaget, "lah ko kamu ke sini, padahal kamu ga bawa yang macem?", saya juga bingung pak, teman bapak yg nyuruh k sini, sahut saya

Karena dia bingung dan saya bingung, akhirnya dia panggil atasanya, dan atasanya telpon entah kemana. saat kembali dia minta pasport saya lagi, nah saya udah tahu, pasti ni gara" muka saya dibilang beda. setelah di scan dan di bongkar" tas saya, saya pun bebas untuk melanjutkan perjalanan dan mendapat ucapan maaf karena ketidaknyaman yang saya dapat. wuhhhhh leganya.....padahal saya udah sering bolak balik ke Australia dan aman" saja. tapi ya lumayan  tahu jadinya kaya apa klo di curigai...

Yaa...semoga klo pada mau buat pergi ke luar negeri sebisa mungkin photo d pasport dan muka asli di sama"in dulu biar enak ngelewatin imigrasinya. Dan saya lagi dalam program menyamakan kembali muka saya sekarang dengan Photo saya di pasport.


almasdeo
Karratha (Western Australia), 28.05.2011

1 comment: