Saturday 14 May 2011

Tato

Saat saya masih kecil ngeliat orang tatoan rasanya seremmmm abis....apalagi pada saat itu tato hanya di "monopoli" oleh para preman" jalanan. Dengan adanya tato mereka berharap bertambah garang penampilannya :). semenjak itu saya janji kepada diri saya, ahh ga mau nato ntar jadi preman lagi (namanya juga anak kecil).
Tahun demi tahun lewat dan saya masih memegang janji itu, sampai beberapa tahun belakangan saya mulai tertarik dengan karya seni tato tersebut. Sempat terlintas mau buat tapi kedua orang tua saya belum mengijinkan untuk membuatnya karena alasan kesehatan (jarumnya takut bekas, dll).  

Lupa tepatnya, ehhhhhhh ternyata ade saya sudah mendahulukan saya ....dia udah punya tato(padahal dia waktu sakit tu takut ma yg namanya jarum suntik, tapi aneh ga takut ma jarum mesin tato..hahahah) di lengan kirinya bertulisan "HOPE dan FAITH" (jadi klo di baca dari kiri HOPE, dibaca dari kanan FAITH). Saat itu saya masih berpikir layaknya orang "normal" ah takut klo punya tato ntar susah cari kerja atau dinilai orang akan berbeda. Tapi ketika saya bertemu ade saya kembali (dia kuliah diJogja, saya kerja diluar) kok dia makin penuh aja tu badan dengan tato warna-warninya, bener" bikin mupeng abisss :((
Setelah saya mikir, menimbang dengan otak dan hati saya akhirrrrrnya saya memutuskan untuk membuatnya :))
Hal pertama yang saya pikirkan adalah, mau gambar apa ya? dan letaknya dimana??
setelah semua hal itu udah ada dipikirkan, sekarang hanya mencari tato artisnya (yg nato). sempet saya mau bikin dibali, tapi karena satu dan beberapa alasan akhirnya saya ga jadi disana. Karena waktu itu udah ngebeeettt pingin dan waktu libur saya dari kerja hampir habis saya tanya teman di jakarta (Harry namanya) tato artis yg dia kenal. Emang jodoh, ternyata tato artisnya itu domisili di Denmark dan saat itu dia sedang pulang ke Jakarta..

Setelah discuss ma tato artis (Bima namanya) akhirnya kami sepakat janjian membuatnya di rumah (Harry) karena saat itu dia ga ada studio. Hari H pun tiba dimana saya "merawanin" badan saya untuk dirajah oleh jarum mesin tato....Aihhhhhh rasanya deg....deg....serrr...(lebih daripada saat nembak cewek). Ketika pertama kali jarum nyentuh badan dan keluar darah.....uhhhhhhhhhh perasaannya,  "yah badanku udah tidak perawan lagi". 15 menit berlalu rasa sakit pun hilang, 1 jam kemudia jadi yang pertama :)....ambil napas dan  memandangin hasilnya dahulu.......proses di lanjutkan di bagian pinggang.....aihhh ini bener" buat saya serasa mau mati (lebay), ketika jarum baru nyentuh saya udah nahan napas dan mau nangis.....sakit gila klo buat di pinggang (ga lagi" deh). 1 jam yg ini rasanya bener" tersiksa, dan saat itu Harry cuma ketawa" melihat saya di perkosa oleh jarum tato :((

Setelah semuanya jadi, saya bener" merasa puas dan ga ada rasa sakit berlebih, paling cuma nyeri dikit (pada saatttt itu). Tapi pas malam hari, yah lumayan lah membuat saya hanya bisa tidur 1 posisi :)
oh ya, pembuatan tato ini masih saya rahasia kepada ibu dan bapak saya sampai pas tato sudah kering dan saya selesai mandi keluar dengan bangganya (lupa nutupin tato ma baju) dan duduk sambil main laptop. ehhhhh tiba" ibu saya lewat......langsung deh ibu saya ngomong, apa"an itu yut? ini tato temporary bu (mencoba boong) coba sini, ibu saya meraba (udah tau yg temporary ma yg beneran dari pengalaman ade saya) ahhh ini beneran...dan saya saat itu hanya senyum manis dan ibu saya geleng" kaya orang triping....maaf bu :))

Sekarang tato menurut saya bukan untuk para preman, Tato lebih ke arti seni. Setiap tato artis mempunyai ciri  atau aliran sendiri" yang menurut saya ga semua orang bisa buat. Apalagi saya punya saudara (Bagus Ferry) pendiri (sekaligus owner) free magazine MagicINK (majalah tato pertama di Indonesia), jadi ketika saya pingin buat yang kaya apa saya tinggal message kedia dan dia bilang, "ke tato artis ini aja yut, bagus diaa....ntar kasih tahu kamu saudaranya aku jadi harganya bisa murah"....aihhh enaknyaaaaaa...jadi klo mau nanya" info saya tingall contact dia. :)
Emang, dimana" hal yang paling berat adalah melakukan untuk pertama kali. Seperti sekarang, setelah sudah  melakukan untuk pertama kali saya jadi "NAGIH" pingin nato lagi. Kali ini saya udah ijin ibu saya. ada 3 gambar yang udah ada di otak saya. pertama "PHOTO IBU" saya dan saya pingin buat di dada kiri. kedua "KELIMA TANGGAL LAHIR" keluarga saya, saya taruh d lengan kanan, dan yg terakhir "DOA BAPA KAMI" di punggung belakang. 

Kedepannya pasti saya akan nambah" lagi, tapi saya masih belum mau nato dibagian tubuh yang terlihat (seperti lengan, leher) karena saya masih tinggal dan cinta adat Indonesia, mereka yang masih kolot dan tidak tahu seni kurang menghargai tato (Kasian ya??). 

Thanks to : Alfon Damas (ade saya, karena kebraniannya melalukan yang pertama dikeluarga saya), Harry Kawanda (Teman JSN, thanks for info dan tempatnya...sial kau melihat saya diperawanin...kapan kita nato bareng bradd??), Mas Bima (Tatto artis, thanks untuk Salin dan Kanjinya...ada beruntung merawanin saya :)) ), Bagus Ferry (Makasih mas atas masukan and info"nya), Keluarga saya (kakak, Ibu, Bapak yang ga marah dan masih menggangap saya anak)....

"Seperti banyak yang bilang, Hidup kita itu bagaikan kertas kosong dan pengalaman - pengalaman yang kita alami dalam hidup kita itu tintanya, Begitu juga dengan Tubuh kita itu bagaikan kanvas kosong, dan tato itu adalah cat-catnya yang membuanya menjadi indah"


almasdeo
Maddington (Perth-WA) 14.05.2011

No comments:

Post a Comment