Monday 30 May 2011

Australia Day


Cihuy,,,,tanggal merah........pasti semua orang entah itu anak sekolah, orang kantoran atau siapapun pasti senang dengan tanggal merah...yaaa tanggal merah, hampir disemua negara menandakan bahwa pada hari itu tidak ada kegiatan (kaya sekolah atau kerja) semua libur bur bur.....

Ketika saya kerja di Australia, tanggal merah yang paling saya tunggu adalah Australia Day dan Easter Day. Pertama kali dengar Australia Day langsung kebayang pasti ni hari kemerdekaannya (padahal Australia ga merdeka setahu saya) dengan segala pernak-pernik perayaannya.....wahhh pasti rame ini.....Karena rasa penasaran yang begitu besar, saya cari tahu arti Australia Day kepada teman" kerja yang orang asli Aussie.....ternyata jawaban mereka ga sebanding dengan rasa penasaran saya saat itu....Australia Day, ya hari buat Australia aja Almas, paling kita ngerayain dengan minum beer dan barbeque (yah, adat Aussie emang kentel banget dengan yang namanya beer) tapi pasti di setiap kota punya perayaan sendiri, kamu klo mau liat datang aja ke swan river (saat itu saya sedang di Perth-WA) pasti rame.

Pas hari H saya sudah menyusun rencana untuk datang lebih awal kira" jam 4 sore, dan menurut saya jangan bawa mobil klo menuju tempat perayaannya. Yang ada bukan buat gampang malah kena macet dan susah cari parkir pastinya. Lagipula, biasanya transportasi umum gratis kok pada saat itu :).
Suasana meriah sudah mulai terlihat semenjak saya didalam kereta, semua orang entah itu muda, tua, anak" pasti ada atribut bendera Australia, mulai dari tato sticker yang ditempel dipipi, paha. sampai bikini  dengan bendera Australia. Oh ya....Australia day Jatuh setiap tanggal 26 January dan ini adalah musim summer di Australia. Jadi kebayang lah, bule" yang berseliweran menggunakan pakaian setengah jadi banyak berkeliaran (tinggal pakai kaca mata item, sippp banggettt buat cuci mata)

Baru pertama kali saya selama di Australia melihat orang sampai banyak bangettttt kumpul di suatu tempat (pas acara ini di pinggir Sungai). Acara puncaknya adalah pesta kembang api, tapi dari pagi sudah banyak acara diadakan untuk semua kalangan umur. Tipikal orang Australia tu seperti orang picnic, bila ada acara seperti ini. Biasanya mereka bawa makanan beserta minumannya di dalam ice box beserta blanket (tiker klo kita ngomong) dan kursi lipat. Tinggal cari tempat yang pas, gelar deh tu tiker  dan makan"lah mereka bersama sanak keluarga. 
Makin sore, acara makin meriah....ada pesawat yang ngeluarin asap di atas awan  membentuk tulisan" dan di sungai banyak jet ski berpawai sambil membawa bendera Aussie dll. Dan yang pasti banyak polisi patroli sepanjang jalan, karena kita tidak boleh mengkomsumsi alcohol pada acara ini.

Akhirnya jam menunjukan pukul 8 malam dan matahari saat itu baru tenggelam (siang lebih lama daripada malam saat musim panas), semua orang berdiri di pinggir sungai dan 1...2....3....darrr.....derrr....dorrr.....pesta kembang api pun di mulai.....langit yang tadinya sudah agak gelap mulai dihiasin warna-warni dari kembang api (ada yang bentuknya HATI loo), dan ternyata ga dari pinggir sungai saja. Di atas gedung" bertingkat pun mengeluarkan warna-warni dari kembang api pula....hampir 1/2 jam kembang api silih berganti membakar langit saat itu....dan puncaknya adalah 1 menit air mancur yang menyala ga putus". dan Berakhirlah Australia Day, yahhh gitu doang?? ya emang gitu doang. Sebenarnya kasian juga ya ma orang Australia, mereka bener" kekurangan hiburan. Sampai pesta kembang api macam begini aja hebohnyaaaa pikir saya.
Di saat begini saya bersyukur banget jadi orang Indonesia yang terpuaskan oleh banyak hiburan rakyat :). Sempat berpikir, mungkin klo saya jago nyanyi dangdut bisa buat orkes disini.....hahahaha.....

Dan bener, ketika pulang lautan manusia seperti mengalir kearah statiun kereta or bus, kebayang kan klo bawa mobil saat itu??
yang paling seru menurut saya saat rame" begini adalah, ketika seseorang atau gerombolan berteriak Aussie....Aussie...Aussie....tanpa ada yang komando, semua orang akan membalas dengan triakan Oi....Oi....Oi....kebayang kan ramenya klo yang teriak ribuan orang??

Yah, akhirnya saya jadi tahu cara orang Australia merayakan hari Australia. Ga terlalu seheboh dan serame merayakan 17 Agustus di Indonesia. Tapi setidaknya mereka menikmati 1 hari untuk bersama keluarga dan membaur dengan sesama umat manusia tanpa memandang Ras.


almasdeo
Karratha (Western Australia) 30.05.2011



1 comment:

  1. hallo mas almas ...
    salam kenal...

    udah lam ya tinggal di ausie?? mw tanya-tanya boleh donk yaaa???
    swamiku dpt tawaran kerja di maddington, kata bulenya c 20km dari perth. kehidupan disana spti apa, kaya biaya hidup dan pandangan masyarakat disana thdp wanita berjilbab(muslim). thanks ya mas . . .
    butuh info segera, kalo bisa kirim ke alamt email saya:
    avanadraisya910@ymail.com
    matursuwun yooo..

    ReplyDelete